Flight Operation Officer adalah  personal yang mempunyai otorisasi dan bertugas sebagai orang yang mempersiapkan & melaksanakan rencana penerbangan.

Berikut adalah peran, fungsi, tugas dan wewenang dari Flight Operation Officer :

Peran Flight Operations Officer adalah mitra pilot dan sebagai pusat Informasi yang berkaitan dengan penerbangan tersebut dan mempunyai posisi yang setara dengan pilot.

Fungsi Flight Operations Officer adalah melakukan kegiatan operasi berdasarkan ketetapan regulasi penerbangan sesuai dengan aturan aturan yang berlaku dalam dunia penerbangan sipil.

Tugas Flight Operations Officer adalah menyiapkan kebutuhan serta merencanakan operasional dan melaksanakan suatu penerbangan yang aman, nyaman efisien dan tepat waktu.

Wewenang Flight Operations Officer adalah memberikan masukan atau rekomendasi kepada pilot atas kelayakan terbang pesawat, cuaca, kebutuhan fuel, kemampuan daya angkut, serta analisa lain yang berkaitan dengan suatu penerbangan.

 

Persyaratan untuk mengikuti training FOO di Aviation Training Centre

  1. Putra/Putri umur minimum 21 tahun
  2. Lulusan SMU/Sederajat
  3. Sehat Jasmani dan rohani, tidak buta warna
  4. Penampilan Menarik
  5. Pas Photo 4×6 Berwarna 1 lembar

Fasilitas

  1. Baju Seragam 2 stel dan T-shir
  2. Tas Purchase
  3. ID Card
  4. Instruktur/Praktisi Profesional
  5. Ruang belajar ber-AC

Kurikulum     

  1. Program Kelas (Ground Training) kurang lebih 3 bulan
  2. Program Magang Kerja di bandara dengan maskapai (OJT) kurang lebih 3 bulan
  3. Familiarization Flight di Maskapai
  4. Materi Program yang Up to Date sesuai standart pelatihan dan mendapatkan lisence dari Direktorat Sertifikasi Kelaikan Udara (DSKU), Direktorat Perhubungan Udara