Wright Brothers

Wright Brother, Julukan dari tokoh yang nama nya sangat melekat di dalam dunia aviasi. Wilbur dan Orville Wright adalah penemu dan pelopor penerbangan Amerika. Dengan semua gigih yang mereka pelajari sendiri, pada tahun 1903 Wright Brothers berhasil menemukan penerbangan pesawat terkontrol dan melampaui tonggak sejarah mereka sendiri saat dua tahun kemudian mereka berhasil membangun dan menerbangkan pesawat pertama sengan sistem yang sepenuhnya praktis.

Semua yang mereka capai tentunya di kelilingi dengan uraian sulit, seperti yang di alami oleh Wilbur Wright pada tahun 1885, Wilbur mengalami insiden saat bermain hockey dimana Wilbur mendapatkan luka yang parah di daerah wajarh. Hal itu membuat Wilbur sangat depresi hingga pada akhirnya ia tidak menerima ijazah SMA, menggagal kan rencana untuk kuliah yang pada akhitnya Wilbur memutuskan untuk hanya berdiam di rumah, membaca buku di perpustakaan keluarga dan merawat ibu nya yang sakit.

Setelah kepergian Ibunya di Tahun 1889, Wright Brothers mulai membangun usaha mereka dalam bidang media cetak yaitu surat kabar yang di beri nama “West Side News” dengan Wilbur sebegai editor dan Orville sebagai penerbitnya. Selain merambah dunia cetak Wright Brothers ini juga mengembangkan hobby yang berselimutkan bisnis dengan membuka toko bengkel sepedah hingga menjual sepedah yang di desain oleh mereka sendiri.

Rutinitas bekerja dalam proyek mekanis yang beragam dan mengikuti penelitian ilmiah akhirnya membawa Wright brothers ke dalam penelitian penerbangan Jerman Otto Lilienthal dimana saat itu Lilienthal mengalami kecelakan pesawat layang dan meninggal. Dari situlah, dunia aviasi mulai menyambut gigih The Wright Brothers ini.

Wright Brothers memiliki tekat untuk memulai eksperimen dan mengembangkan desain mereka sendiri dalam dunia penerbangan. Wright Brothers pun akhirnya pergi ke Kitty Hawk Carolina Utara untuk melalukan eksperimen nya dimana di sana adalah daerah yang terkenal dengan angin yang sangat kencang.

Langkah lertama yang ia gunakan untuk memperhitungkan gerak angin pada sayap nya adalah dengan mengamati cara seekor burung yang memiringkan sayap ya untuk keseimbangan dan kendali yang akhirnya di kembangkan dan di namakan sebagai konsep “Wing Warping”.

Setelah memperhitungkan semua hasil eksperimen dan menambahkan kemudi yang dapat di kendalikan pada tanggal 17 Desember 1903 Wright brothers berhasil menerbangman penerbangan pertama yang bebas dan terkendali. Wilbur menerbangkan pesawat mereka selama 59 detik, pada ketinggian 852 kaki.


Walaupun perjuangan mereka dalam dunia aviasi ini sempat tidak di hargai oleh orang banyak bahkan di ragukan oleh sesama pakar lainnya, namun keberangkatan mereka ke Eropa pada Tahun 1908 merubah semuanya, di Prancis Wilbur menemukan audiensnya, bahkan Wilbur juga melakukan banyak penerbangan publik dan memberikan tumpangan kepada pejabat, jurnalis hingga negarawan. Di Tahun 1909 Orville dan adik perempuan mereka Katherine menyusul Wilbur Ke Perancis, semenjak itu keluarga mereka adalah termasuk keluarga bangsawan aviasi kaya raya di Eropa dan Amerika Serikat.


Kunci yang selalu di pegang oleh Wright Brothers adalah kepercayaan terhadap diri sendiri, “If we worked on the assumption that what is accepted as true really is true, then there would be little hope for advance”.

Source : history.com

The Wright Brother – Burung Aviasi